PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan
hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu
menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup
kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien
meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya
mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan
alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan
ketrampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media
tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan
pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran.
Dari beberapa model pembelajaran, ada model
pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu
model pembelajaran berbasis komputer . Pada dasarnya, pembelajaran berbasis
komputer adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang
menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks
teknologi.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa Pengertian Media
Berbasis Komputer?
2. Sebutkan Macam - Macam Media Pembelajaran Berbasis Komputer?
3. Apa Fungsi Komputer
dalam Kegiatan Pembelajaran?
4. Sebutkan Kelebihan
dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Komputer?
PEMBAHASAN
PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER
A. Pengertian
Media Berbasis Komputer
Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi menuntut pola variasi
pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang mulai berkembang saat ini
adalah komputer. Media pembelajaran berbasis komputer adalah penggunaan
komputer sebagai media penyampaian informasi pembelajaran, latihan soal, umpan
balik, dan skor jawaban peserta didik.
Ada tiga bentuk
penggunaan komputer dalam kelas, yaitu:[1]
1. Untuk mengajar siswa
menjadi mampu membaca computer atau computer literate,
2. Untuk mengajarkan
dasar-dasar pemprogramam dan pemecahan masalah komputer, dan
3. Untuk melayani siswa
sebagai alat bantu pembelajaran.
Ada
beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk memperkenalkan Komputer kepada
siswa antara lain:[2]
- Menyediakan laboratorium computer, siswa mengunjungi laboratorium tersebut secara bergiliran berdasarkan jadwal tertentu
- Setiap kelas memiliki sejumlah computer dan siswa menggunakannya secara bergiliran atau digunakan sesuai dengan kebutuhan
- Sekolah memiliki sejumlah besar computer, siswa meneriman intruksi dasar computer untuk mendasain mata ajaran akademik, misalnya matematika dan bahasa. Jadi pendayagunaan computer dapat dirancang dan dilaksanakan, yang penting tersediannya dana dan adanya kotmitmen tentang komputer literacy.
Dibalik kehandalan komputer sebagai pembelajaran terdapat beberapa
persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola
pengajaran berbasis komputer:[3]
- Perangkat keras -dan lunak- yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
- Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
- Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.
B. Macam - Macam Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Adapun macam- macam media pembelajaran berbasis komputer terdiri dari:
1.
Presentasi PowerPoint
Saat ini teknologi pada
bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa
sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft
power point yang dikembangkan oleh Microsoft inc” yang mengembangkan banyak
sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut. Kelebihan media ini
adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image,
grafik dan sound di dalam persentasi power point sehingga dapat dibuat
semenarik mungkin.[4]
2.
CD/Multimedia Pembelajaran Interaktif
Sifat media
ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media
secara lengkap yang meliputi: sound, animasi, video, teks dan grafis.
Macam-macam Model Multimedia Pembelajaran yaitu:[5]
a. Model drill: Memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit
melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang
sebenarnya.
b. Model Tutorial: menggunakan perangkat lunak berupa program
komputer yang berisi materi pelajaran.
c. Model Simulasi: memberikan pengalaman belajar yang lebih
kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati
suasana yang sebenarnya.
d. Model Games: Model permainan ini dikembangkan berdasarkan
atas “pembelajaran menyenangkan”, di mana peserta didik akan dihadapkan pada
beberapa petunjuk dan aturan permainan.
3.
Video Pembelajaran
Video pembelajaran
terdiri dari:
a.
Rekaman hasil aktivitas pembelajaran
b.
Membimbing
siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
c.
Prinsip yang hampir sama dengan nonton film.
d.
Video
dapat di buat sendiri atau download dari berbagai situs share
video
e.
Apabila memungkinkan disesuaikan dengan materi melalui proses editing
4.
Internet
Adapun Macam-macam media berbasis internet yaitu: email, chatting, video/teleconference,
blog, e-learning, web, dll[6]
Tujuan penggunaan internet sebagai media pembelajaran
berbasis komputer antara lain:[7]
a.
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara
mandiri
b.
Siswa
dapat mengakses secara dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan
mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi,
rekaman, laporan, data statistik
c.
Siswa
dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya
konsumen informasi saja
C. Fungsi Komputer
dalam Kegiatan Pembelajaran
- Fungsi Kognitif
Komputer dapat
mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan
kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan
dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.[8
- Fungsi Psikomotor
Dengan bentuk
pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus
digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara
lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling
berat dan sebagainya.[9]
- Fungsi Afektif
Bila program
didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang
isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan
mengunakan media komputer.[10]
D. Kelebihan
dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Komputer
Aplikasi komputer dalam bidang
pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual
(individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi
langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan
(computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan
interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai
bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium
komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah
maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi.
Pemanfaatan
ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan
balik (feedback) yang segera kepada pemakainya
Kelebihan
Heinich dkk. (1986) mengemukakan
sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada komputer. Aplikasi komputer
sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan antara lain:[11]
- Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditanyangkan.
- Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya.
- Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan memberikan keleluasaan terhadap siswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.
- Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan “kesabaran komputer”, dapat membantu siswa yang memiliki kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi msiswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat (fast learner).
- Disamping itu, komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar siswa.
- Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping), komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis.
- Komputer juga dapat dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar tertentu.
- Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation).
Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan pengetahu-an
dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini menyebabkan program komputer
sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan belajar yang bersifat
simulasi. Lebih jauh, kapasitas memori yang dimiliki oleh komputer memungkinkan
penggunanya menayangkan kembali hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya.
Hasil belajar sebelumnya ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar
pertimbangan untuk melakukan kegiatan belajar selanjutnya.
Keuntungan
lain dari penggunaan komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil
belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil. Contoh yang tepat
untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan pada mata
kuliah sains dan teknologi. Penggunaan program simulasi dapat mengurangi biaya
bahan dan peralatan untuk melakukan percobaan. (Benny A. Pribadi dan Tita
Rosita, 2002:11-12)
Kekurangan
Selanjutnya
Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan. Disamping memiliki sejumlah
kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa
kelemahan. Kelemahan pertama adalah:[12]
- Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
- Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan.
- Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.
- Merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction) merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.
KESIMPULAN
Dapat disimpulkan Media pembelajaran berbasis komputer adalah penggunaan
komputer sebagai media penyampaian informasi pembelajaran, latihan soal, umpan
balik, dan skor jawaban peserta didik.
Ada tiga bentuk penggunaan komputer dalam kelas, yaitu: Untuk mengajar
siswa menjadi mampu membaca computer atau computer literate,Untuk mengajarkan
dasar-dasar pemprogramam dan pemecahan masalah komputer, dan Untuk melayani
siswa sebagai alat bantu pembelajaran.
Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk memperkenalkan Komputer
kepada siswa antara lain: Menyediakan laboratorium computer, Setiap kelas
memiliki sejumlah computer, dan Sekolah memiliki sejumlah besar computer.
Adapun macam-
macam media pembelajaran berbasis komputer terdiri dari: Presentasi PowerPoint, CD/Multimedia Pembelajaran Interaktif, Video pembelajaran dan internet
Fungsi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran antara lain: Komputer
dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan
kalkulasi yang kompleks. Dengan
bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus
digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Bila program didesain secara
tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan,
pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media computer.
Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa
keuntungan antara lain: Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan
kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang
ditanyangkan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana
komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama
adalah Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama
yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad, Media Pengajaran,
Bandung: Sinar Baru Algasindo, 2000
Winataputra, udin.S, Belajar dan Pembelajaran,
Jakarta: Departemen pendidikan Nasional, 1997.
http://agsasman3yk.wordpress.com/2009/08/30/media-pembelajaran-berbasis-komputer/di akses
1 oktober 2012
http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/03/21/pengembangan-media-pendidikan-komputer/ diakses
1 oktober 2012
[1] Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad, Media Pengajaran, Bandung: Sinar
Baru Algasindo, 2000, hlm. 57
[2] Ibid., hlm. 58
[3]http://agsasman3yk.wordpress.com/2009/08/30/media-pembelajaran-berbasis-komputer/di akses 1 oktober 2012
[4] Ibid.
[5] Ibid.
[6]Winataputra, udin.S, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:
Departemen pendidikan Nasional, 1997, hlm 77
[7]http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/03/21/pengembangan-media-pendidikan-komputer/ diakses 1 oktober 2012
[8] Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad, Op.cit., hlm. 70
[9] Ibid., hlm.70
[10] Ibid,., hlm 71
[11] http://agsasman3yk.wordpress.com/2009/08/30/media-pembelajaran-berbasis-komputer/di akses 1 oktober 2012
[12] Ibid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar